Rabu, 17 Februari 2010

MANFAAT BUAH TOMAT

Ada dua macam jenis tomat yaitu tomat buah dan tomat sayur. Adapun perbedaan antara tomat sayur dangan tomat buah antara lain : pada bentuk dan ketebalan kulitnya.
Buah tomat berbentuk lonjong dan berkulit tebal sedangkan tomat sayur berbentuk bulat dan berkulit tipis.
Biasanya tomat buah di konsumsi tanpa di masak terlebih dahulu dan memeliki daya tahan lebih lama, Tomat sayur biasanya di konsumsi sebagai bahan campuran pada sayuran yang di masak dan lebih cepat membusuk.

Beberapa Khasiat dari Tomat :

1. Membuat wajah lebih halus.
Masalah wajah menjadi masalah yang cukup serius bahkan sangat penting bagi kita terutama untuk wanita. Ternyata tomat selain dapat di konsumsi sebagai sayur dan minuman , dapat juga di gunakan sebagai masker untuk wajah . Peras tomat yang berwarna merah tua lau di oleskan pada wajah atau gosok irisan tomat pada wajah, Lakukan hal ini setiap hari, maka wajah akan menjadi lebih halus . Bagi yang memilika masalah pada jerawat , irisan tomat yang di tempelkan pada jerawat akan membantu menghilangkan jerawat tersebut. Mengapa bisa demikian ? Ternyata, kandungan tomatine pada tomat berkhasiat anti radang. Tomat juga mengandung karoten dan vitamin C yang berkhasiat sebagai antioksidan . Sementara asam sitratnya juga mengangkat kotoran dan lemak pada wajah yang berjerawat..

2. Gusi berdarah atau sariawan
Gusi berdarah bisa mengganggu kegiatan berbicara sehari-hari, Karena itu sebelum penyakit ini tiba, sebaliknya di cegah terlebih dahulu, Caranya setiap hari konsumsilah 1 buah tomat dalam keadaan segar .Jika tidak suka rasanya bisa di taburi gula. Sebelum di makan ingatlah untuk selalu mencucinya .

3. Mengaatasi Sembelit.
Susah buang air besar adalah masalah besar bagi kita . Jika di biasakan bisa menyebabkan Wasir, Ternyata dengan mengkonsumsi Jus tomat masalah Sembelit bisa di atasi, Jus tomat bisa di kombinasikan dengan buah lain seperti jeruk untuk membuat rasanya makit lezat. Untuk hasil terbaik minum Jus tomat di waktu pagi hari sebagai gati sarapan atau di sore hari sebagai “ Cemilan “ sehat .

4 Melawan stroke dan penyakit jantung
Sebuah penelitian yang di lakukan oleh rowett institute di Aberdeen, Skotlandia, menemukan khasiat biji tomat bagi kesehatan , cairan licin atau jelly berwarna kuning yang terdapat di sekitan biji tomat, ternyata mengandung senyawa atau bahan campuran yang major untuk melawan stroke dan penyakit jantung . penelitian juga mendapatkan bahwa jika meminum jus tomat tanpa membuang bijinya maka sekitar 72 persen kita telah mengurangi resiko terjadinya penggumpalan darah yang dapat menyebabkan serangan jantung.

5 Mencegah kanker
Menurut penelitian , makin banyak tomat ( bahkan saus tomat sekalipun) yang kita konsumsi, maka makin rendahlah resiko kanker mengincar kita, terutama kanker prostate ( bagi kaum pria ), kanker paru-paru dan kenker perut. Rahasia khasiat tomat terletak di lycopene, senyawa kimia yang membuat warna tomat merah lycopene sangat efektif sebagai bahan anti kanker.

6 Memulihkan Funsi Lever
Khasiat tomat untuk lever di kenal sejak tahun 1834 . Para peneliti medis jaman itu sudah menyimpulkan bahwa Jus tomat secara klinis efektif untuk menyeimbangkan gangguan lever. Tak ada cara yang lebih baik dalam meningkatkan kesehatan dan menyeimbangkan fungsi lever dengan cepat, selain dengan meminum jus tomat.

7 Menyembuhkan Bisul
Cara cepat mengatasi bisul ialah dengan memanaskan seluruh daging dan biji tomat . Setelah itu segera taruh diatas bisul . Biasanya bisul itu lau pecarh tak lama kemudian sembuh.

Selain tujuh khasiat diatas tomat juga mengandung banyak vitamin B1 dan vitamin b2 vitamin B1 esensial untuk berbagai fungsi tubuh, produksi energi dan membantu memelihara kesehatan syaraf dan otot , membantu tubuh membuat dan memakai protein. Sedangakan Vitamin B2 terlibat dalam banyak proses tubuh khususnya memproduksi energi yang tersedia dari makanan. Pertumbuhan pada anak memperbaiki dan memelihara jaringan tubuh dan membantu menata kembali keasaman tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar