Rabu, 17 Februari 2010

KHASIAT SIRIH MERAH

Sirih merah (Piper crocatum) termasuk dalam famili Piperaceae, tumbuh merambat dengan bentuk daun menyerupai hati dan bertangkai, yang tumbuh berselang-seling dari batangnya serta penampakan daun yang berwarna merah keperakan dan mengkilap. Dalam daun sirih merah terkandung senyawa fito-kimia yakni alkoloid, saponin, tanin dan flavonoid . Secara empiris sirih merah dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti :
1 diabetes militus
2 hepatitis
3 batu ginjal
4 menurunkan kolesterol
5 mencegah stroke
6 asam urat, kanker
7 hipertensi
8 radang liver
9 radang prostate
10 radang mata
11 keputihan
12 maag
13 kelelahan
14 nyeri sendi
15 memperhalus kulit
Hasil uji praklinis pada tikus dengan pemberian ekstrak hingga dosis 20 g/kg berat badan, aman dikonsumsi dan tidak bersifat toksik. Meskipun begitu untuk mendapatkan hasil optimal, maka sebaiknya sirih merah dikombinasikan dengan herba lainnya.

Secara umum jika kita menggunakan sirih merah dengan benar, sesuai dengan aturanya maka tidak menyebabkan efek negatif ke organ reproduksi wanita. Bahkan sebaliknya, sirih merah ini digunakan untuk mengurangi keputihan dan menjaga organ kewanitaan karena salah satu khasiat dari sirih merah adalah sebagai antiseptik, yaitu dengan merebus 7-10 lembar daun sirih merah, lalu menggunakan air rebusan tersebut untuk membilas organ kewanitaan.

Sirih merah atau bahasa Latinnya Piper crocatum, kini hadir tidak hanya sebagai tanaman hias, tapi juga tanaman herbal sirih merah tradisional penderita kencing manis (diabetes mellitus - DM).

Masyarakat Sleman, Yogyakarta khususnya, telah memanfaatkan khasiat herbal sirih merah ini turun temurun. Secara empiris, selain kencing manis, herbal sirih merah sering dimanfaatkan sebagai obat alternatif ambeien, peradangan, kanker, asam urat, hipertensi (darah tingi), hepatitis, kelelahan dan maag.

Senyawa fitokimia yang terkandung dalam teh sirih merah yakni alkoloid, saponin, tanin, dan flavonoid. Menurut Ivorra, M.D dalam buku “A Review of Natural Product and Plants as Potensial Antidiabetic,” senyawa aktif alkaloid teh sirih dan flavonoid teh merah memiliki aktivitas hipoglikemik atau penurun kadar glukosa darah. Hara (1993) menyatakan senyawa tannin herbal sirih dan saponin dapat dipakai sebagai antimikroba (bakteri dan virus).

Ciri khas tanaman tropis ini yang bisa dijadikan teh sirih, berbatang bulat hijau keunguan dan tidak berbunga. Daunnya sebagai produksi teh merah bertangkai membentuk jantung hati dan bagian atasnya meruncing. Permukaan daun sirih merah mengkilap dan tidak merata. Seperti sirih hijau, tanaman teh sirih merah juga tumbuh merambat di pagar atau pohon. Daunnya berasa pahit getar, namun beraroma lebih wangi dibanding sirih hijau. Bila disobek, daun sirih merah akan berlendir.Tanaman sirih merah menyukai tempat teduh, berhawa sejuk dan sinar matahari 60-75 persen. Tanaman sirih merah tumbuh subur dan bagus di daerah pegunungan. Bila tumbuh pada daerah panas, sinar matahari langsung, batangnya cepat mengering. Selain itu, warna merah daunnya akan pudar. Padahal kemungkinan khasiatnya terletak pada senyawa kimia yang terkandung dalam warna merah daunnya.

Aman dikonsumsi
Peneliti muda dari Institut Pertanian Bogor (IPB), Mega Safithri dan Farah Fahma telah meneliti toksisitas ekstrak air daun merah dan kemampuannya dalam menurunkan kadar glukosa darah tikus. Pembuatan ekstrak daun sirih merah sangatlah mudah. Sebanyak 200 gram daun sirih merah direbus bersama 1 liter air sampai volumenya tinggal 100 mililiter. Perbandingan berat daun sirih merah dengan volume ekstrak rebusan yang diminum adalah 200 gram : 100 mililiter atau 2 : 1.

http://rumahdiabetes.com/

Manfaat Konsumsi Sirih Merah
Harga sirih merah pamornya semakin naik, bahkan daunnya di hargai per lembar. Harga per lembar daun berkisar Rp 3 – 10 ribu. Menjadi mahal karena khasiatnya hebat.

Sirih merah bisa menyembuhkan penyakit diabetes, kanker, hipertensi, batu ginjal, hepatitis, dan ambeien.

Keistimewaan lain dari sirih merah, jika guratan daunnya berbentuk hati di percaya bisa mendatangkan kebahagiaan bagi pemiliknya. Banyak juga sekarang yang membuat teh sirih merah, herbal sirih merah sebagai herbal sirih, teh sirih untuk kesehatan.

Untuk mengobati mimisan, ambil selembar daun sirih, diremukkan atau dilumatkan. Lalu, digulung untuk menyumbat hidung yang mengeluarkan darah. Perkembangan teh sirih merah atau herbal sirih merah terus berkembang.





Khasiat Sirih Merah Sebagai Obat Dari Berbagai Jenis Penyakit, Obat Tradisional dipopulerkan oleh Bambang Sudewo
Udah tahu daun sirih kan? biasanya orang menganalogikan sirih dengan sirih hijau (daunnya berwarna hijau) ternyata ada sirih merah juga lho. Sebuah tumbuhan langka yang ternyata berkhasiat menyembuhkan berbagai penyakit.

Sirih Merah adalah tanaman obat herbal alami yang dipopulerkan oleh Bambang Sudewo dan dapat mengobati diabetes militus, hepatitis, batu ginjal, me-nurunkan kolesterol, mencegah stroke, asam urat,hipertensi, ra-dang liver, radang prostat, radang mata, keputihan, maag, kelelahan, nyeri sendi,kanker payudara dan memperhalus kulit

Warning : "Bukan tanaman ini yang menyembuhkan tapi Allah SWT yang menyembuhkan" Imam Muslim meriwayatkan sabda Rasulullah SAW yang mengatakan: “Masing-masing penyakit pasti ada obatnya. Kalau obat sudah mengenai penyakit, penyakit itu, pasti akan sembuh dengan izin Allah Azza Wajalla”. Dalam Shahih Bukhari dan Muslim, Nabi Muhammad SAW bersabda: “Setiap kali Allah menurunkan penyakit, pasti Allah menurunkan obatnya”. Sementara Allah SWT sendiri yang Maha Berkuasa atas kesembuhan seseorang dari penyakit sebagaimana firman Allah dalam Surat Asy-Syu’ara, ayat 80: “Dan manakala aku sakit Dia (Allah) yang menyembuhkanku”.

Baru tadi pagi aku baca buku tentang sirih merah karangan Bpk Bambang Sudewo (Basmi Penyakit dengan Sirih Merah, Bambang Sudewo, http://www.agromedia.net/katalog/page,shop.product_details/flypage,shop.flypage/product_id,888/category_id,65/), bukunya bagus, Buku ini menguraikan secara jelas tata cara penanaman,perawatan, dan penanganan pascapanen sirih merah. Khasiat dan manfaat sirih merah secara empiris yang mampu menyembuhkan berbagai penyakit akibat diabetes, maag, benjolan yang ditengarai sebagai kanker, keputihan, hingga serangan jantung pun dipaparkan dengan bahasa yang mudah dipahami.. pokoknya bagus deh isinya.

Tanaman sirih merah (Piper crocatum) termasuk dalam famili Piperaceae, tumbuh merambat dengan bentuk daun menyerupai hati dan bertangkai, yang tumbuh berselang-seling dari batangnya serta penampakan daun yang berwarna merah keperakan dan mengkilap. Dalam daun sirih merah terkandung senyawa fito-kimia yakni alkoloid, saponin, ta-nin dan flavonoid.

Sirih merah sejak dulu telah digunakan oleh masyarakat yang berada di Pulau Jawa sebagai obat untuk meyem-buhkan berbagai jenis penyakit dan merupakan bagian dari acara adat.
Penggunaan sirih merah dapat digunakan dalam bentuk segar, simplisia maupun ekstrak kapsul.Secara empiris sirih merah dapat menyembuhkan berbagai jenis penyakit seperti diabetes militus, hepatitis, batu ginjal, me-nurunkan kolesterol, mencegah stroke, asam urat,hipertensi, ra-dang liver, radang prostat, radang mata, keputihan, maag, kelelahan, nyerisendi dan memperhalus kulit. Hasil uji praklinis pada tikus dengan pemberian ekstrak hingga dosis 20 g/kg berat badan, aman dikonsumsi dan tidak bersifat toksik. Sirih merah banyak digunakan pada klinik herbal center sebagai ramuan atau terapi bagi penderita yang tidak dapat di-sembuhkan dengan obat kimia. Potensi sirih merah sebagai tanaman obat multi fungsi sangat besar sehingga perlu ditingkatkan dalam penggunaannya sebagai bahan obat moderen.

Baca Artikel Lain Tentang Sirih Merah
http://sirih-merah.squarespace.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar